Selasa, 12 Maret 2013

Tugas 1 Ilmu Budaya Dasar #

Tugas 1 Ilmu Budaya Dasar #

Soal
1. Jelaskan yang dimaksud Ilmu Budaya dasar !
2. Sebutkan tujuan Ilmu Budaya Dasar !
3. Sebutkan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar !
4. Jelaskan pengertian manusia dan kebudayaan !
5. Sebutkan unsur - unsur kebudayaan dan wujud dari kebudayaan !

Jawab
  1. Pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
  2. Memperluas wawasan pemikiran serta berkemampuan kritikalnya terhadap nilai nilai budaya, menyangkut orang lain maupun diri sendiri dan alam sekitar.
  3. 1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan pengetahuan budaya, baik dari keahlian didalam pengetahuan budaya maupun gabungan berbagai keahlian dalam pengetahuan budaya.
    2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing masing jamn dan tempat.
  4. Manusia dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.
    Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.
  5. Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu: alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, kekuasaan politik.
    Perwujudan kebudayaan berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar